Kamis, 13 Februari 2014

Browse » home» » » » » » » » » » » Tianhe 2 Mempertahankan Gelar Sebagai Super Komputer Tercepat Di Dunia

Tianhe 2 Mempertahankan Gelar Sebagai Super Komputer Tercepat Di Dunia

superkomputer-Tianhe-2
China Tianhe-2, Super Komputer [Photo / people.com.cn]

China Tianhe-2, sebuah superkomputer mampu beroperasi secepat 33,86 petaflops per detik (Pflop/s), merupakan sistem yang paling kuat di dunia, menurut daftar TOP500 superkomputer dua tahunan yang dirilis hari senin.

Tianhe-2, dikembangkan oleh China National University of Defense Technology, menempatkan China kembali di bagian atas daftar pada bulan Juni. Hal ini hampir dua kali lebih cepat sebagai komputer berikutnya dalam daftar, Titan dari US Department of Energy (DOE), yang memiliki kinerja 17.59 Pflop/s.

"Tianhe-2 adalah sistem komputasi yang sangat kuat," Jack Dongarra, profesor dari University of Tennessee dan editor Top500, mengatakan kepada Xinhua. "Ini hampir dua kali kinerja sistem nomor 2, Titan. Aku tidak akan terkejut jika itu di posisi nomor 1 untuk satu tahun lagi."

Kecuali untuk chip komputasi, Tianhe-2 menggunakan teknologi yang hampir semua telah dikembangkan dan dibangun di Cina, termasuk sistem interkoneksi, sistem operasi, prosesor front-end dan perangkat lunak.

"Tantangan utama adalah bagi Cina untuk mengembangkan teknologi chip komputasi sehingga dapat membangun seluruh komputer dengan bagian-bagian dari Cina.

Perangkat lunak aplikasi juga menyajikan tantangan besar," kata Dongarra. Pada bulan November 2010, Tianhe-2 pendahulunya, Tianhe-1A, mengambil tempat pertama tetapi dikalahkan oleh K komputer Jepang enam bulan kemudian. Tianhe-1A sekarang No.12 di daftar.

Top500 daftar, dirilis dua kali setahun sejak Juni 1993, dianggap sebagai peringkat otoritatif super komputer di dunia. Hal ini disusun atas dasar kinerja mesin.

Sumber : english.people.com.cn


Tidak ada komentar:

Posting Komentar